Selasa, 12 Januari 2010

YAP melawan trafficking

Berawal dari sebuah kelompok perempuan yang pernah merasakan bagaimana menjadi pekerja seks, yang kemudian berhasil menumbuhkan rasa percaya dirinya. Sejak September 2004, Yayasan Anak dan Perempuan (YAP) telah resmi menjadi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Dan kini YAP telah berjaringan luas dengan individu atau lembaga yang peduli terhadap permasalahan trafficking (perdagangan anak) di Indonesia.

Jakarta Utara, khususnya kepada anak dan perempuan yang berada dilokasi prostitusi, merupakan wilayah jangkauan YAP dalam mengimplementasikan berbagai programnya. Dengan tujuan untuk mendorong anak dan perempuan yang berada diwilayah tersebut, agar mendapatkan berbagai akses, sehingga mereka tidak lagi bekerja diwilayah tersebut dan mencapai masa depan yang lebih baik.

Dalam upaya mencapai cita-cita kesejahteraan anak dan perempuan di Indonesia, YAP menggunakan pendekatan perlindungan dan pemberdayaan bagi masyarakat yang kami dampingi. Bahwa, salah satu akar persoalan yang dihadapi masyarakat dampingan kami adalah kemiskinan, maka sudah selayaknya YAP menyelenggarakan berbagai program yang pada akhirnya dapat membantu mengangkat masyarakat dari jurang kemiskinan tersebut. Melalui berbagai program seperti pemberdayaan ekonomi, memberikan akses pendidikan formal dan juga membantu dalam penanganan berbagai macam persoalan kesehatan, kami berharap, bahwa masyarakat dampingan kami dapat sedikit terbantu untuk terentaskan dari kemiskinan.

Menyadari akan kapasitas kami yang relatif masih kecil dan terus dalam proses pengembangan dan kemajuan organisasi, program-program sengaja diupayakan untuk menjangkau kelompok atau masyarakat kecil. Namun demikian, bukan berarti YAP membatasi perhatian dan wilayah kerjanya. YAP bergandeng tangan bahkan secara formal bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain dalam mengatasi berbagai macam persoalan kemasyarakatan lainya, sejauh hal itu membawa perubahan yang baik bagi masyarakat terpinggirkan, khususnya yang rentan untuk tereksploitasi.

Sejujurnya, kami menyadari bahwa kami memiliki banyak keterbatasan. Namun cita-cita besar kami untuk turut mensejahterakan anak dan perempuan Indonesia telah membuat kami maju terus, dan percaya bahwa kami tidak sendiri dalam karya ini. Dukungan anda semua sangat kami butuhkan dan hargai, apapun bentuknya.

Yayasan Anak dan Perempuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar