Rabu, 13 Januari 2010

YAP dalam Program

Peningkatan pengetahuan masyarakat. Pengetahuan selalu menjadi awal dari adanya perubahan. Karena itu, salah satu program dasar YAP adalah peningkatan berbagai macam pengetahuan yang relevan, baik bagi anak atau perempuan yang kami dampingi, maupun dimasyarakat luas. Kami menyebarkan pengetahuan kesehatan, khususnya kesehatan reproduksi, tentang trafficking, hak anak dan perempuan dan sebagainya. Ini kami lakukan secara lisan dan tertulis maupun visual, dalam upaya penjangkauan ke masyarakat, maupun upaya tak langsung lainya. Dengan demikian penyebarluasan informasi, selain sebagai sebuah upaya khusus, juga selalu menjadi bagian terintegrasi dari program-program YAP lainya.

Layanan khusus dan darurat. sebagaiu bagian dari komitmen kami untuk melindungi masyarakat dampingan kami, YAP secara mandiri maupun dengan sistem rujukan, menyediakan beragam layanan khusus dan darurat sesuai dengan kebutuhan yang khas, khususnya dalam kasus trafficking dan eksploitasi seksual untuk tujuan komersial. Rujukan masalah kesehatan umum dan kesehatan reproduksi, upaya pemulangan dan reintegrasi, merupakan berbagai contoh layanan yang selama ini sudah kami lakukan.

Pendidikan dan pengembangan ketrampilan. Pemberdayaan tidak mungkin kami lakukan tanpa adanya proses pendidikan. Karena itu YAP selalu mengusahakan adanya program pendidikan serta pengembangan ketrampilan sebagai bagian dari strateginya. Pendidikan kejar paket A, B dan C kemudian juga ketrampilan menjahit, memasak juga menjadi perhatian YAP kepada dampingan.

Pemberdayaan ekonomi. Salah satu akar persoalan masyarakat yang menjadi dampingan kami adalah kemiskinan. maka YAP juga menyelenggarakan program ini. Sejauh ini YAP telah memberikan program usaha mandiri bagi dampingan kami, selain juga mengupayakan penyaluran kerja, sehingga dampingan kami dapat beralih profesi dan tidak lagi menjadi pekerja seks.

Advokasi. Upaya advokasi tak kalah pentingnya dibandingkan dengan layanan langsung kepada masyarakat. melakukan advokasi, khususnya kepada para pembuat kebijkan, dimana dalam hal ini adalah pemerintah, dengan harapan situasi akan menjadi lebih baik bagi msayarakat dampingan kami. Dengan stragtegi pembangunan jaringan perlindungan anak, diharapkan semua pihak mempunyai peran serta dalam perlindungan bagi anak dan perempuan dampingan YAP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar